Rayap Untuk Pakan Burung

Manfaat Lain dari Rayap Untuk Pakan Burung

Rayap, serangga pengisap kayu merupakan sumber makanan penting bagi banyak makhluk. Lebih dari 2.750 spesies rayap menghuni dunia, mewabah ke negara-negara tertentu. Hanya 10 persen spesies rayap yang dikenal sebagai hama. Mereka hidup dalam kelimpahan tertinggi di hutan hujan tropis, di mana koloni rayap alami menjadi mangsa berbagai burung, reptil, amfibi, serangga, laba-laba dan mamalia.

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa rayap untuk pakan burung. Ratusan burung yang berbeda memakan rayap. Burung dara, pipt, burung hantu, elang, ayam dan banyak lagi akan mengonsumsi rayap. Bahkan bangau akan makan rayap jika perut kosong. Burung mungkin tidak dapat menyerang sarang rayap, tetapi mereka dapat menangkap setiap rayap yang merayap keluar.

Selain menjadi makanan burung dan unggas, rayap juga menjadi makanan bagi beberapa hewan-hewan ini.

Mamalia dan Marsupial

Banyak hewan memakan rayap, termasuk manusia. Serangga ini meninggalkan sarang di sore hari, yang memungkinkan perilaku predator oportunistik dari hewan di sekitarnya. Musang, anggota keluarga kucing, telah terbukti memakan rayap. Juga, binatang kecil lainnya seperti luwak, kelelawar memakan rayap. Makhluk bawah tanah seperti tikus akan makan rayap jika mereka tak memiliki makanan. Echinidnas, aardvarks dan trenggiling secara aktif mencari rayap untuk dimakan. Di daerah-daerah tertentu di Afrika, rayap adalah sumber makanan manusia yang populer.

Reptil dan Amfibi

Hewan lain yang memanfaatkan kawanan rayap untuk dikonsumsi adalah kadal, katak dan ular. Beberapa jenis cacing dan ular akan hidup langsung di bawah kayu rayap yang dihuni untuk mengonsumsi rayap dan telur rayap karena mereka lapar. Saat rayap terbang di udara, segala jenis katak di dekatnya akan menangkap mereka sebagai makanan.

Serangga, Laba-laba, dan Nematoda

Semut adalah predator rayap yang serius. Enam jenis semut secara aktif memangsa rayap. Karena semut dan rayap memiliki koloni yang tersebar luas, tidak dapat dihindarkan bahwa pertempuran akan muncul. Serangga lain yang memakan rayap termasuk kumbang, lalat dan tawon. Laba-laba menangkap dan memakan rayap terbang di jaring mereka; serangga pembunuh masuk ke gundukan rayap, menusuk mereka dan menyuntiknya dengan racun. Nematoda, cacing gelang unsegmented, menyerang rayap tubuh dan membunuhnya.

Rayap ternyata tidak hanya hama tetapi juga menjadi tokoh aktif dalam ekosistem. Rayap menjadi makanan beberapa hewan.